skip to Main Content
BKPSDM Mengikuti Rakor CPNS 2019 Se-Wilayah BKN Kanreg XII Pekanbaru

BKPSDM Mengikuti Rakor CPNS 2019 se-Wilayah BKN Kanreg XII Pekanbaru

Pekanbaru – Kegiatan yang bertemakan Rapat Koordinasi Teknis Kepegawaian Persiapan Pelaksanaan Seleksi CPNS Formasi 2019 ini dihadiri oleh Plt. Kepala BKPSDM beserta Kabid Pengadaan, Mutasi dan Kepangkatan BKPSDM pada hari Selasa tanggal 22 Oktober 2019. Bertempat di aula Hang Tuah BKN Kanreg XII Pekanbaru, peserta yang hadir terdiri dari Kepala BKD/BKPP/BKPSDM beserta Pejabat Administrator yang membidangi Pengadaan CPNS se-wilayah Kantor Regional XII BKN Pekanbaru dengan narasumber:

  1. Drs. Margi Prayitno, MAP, Kepala Kantor Regional XII BKN
  2. Otok Kuswandaru, S.Sos, M.Si, Deputi Bidang Pengawasan dan
    Pengendalian Kepegawaian
  3. Heri Susilowaty, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN
  4. Sa’i Mulyadi, Kepala Bidang Fasilitas Penyelenggara dan Seleksi BKN
  5. Moh. Abrar, S.Kom, MMSI, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kantor
    Regional XII BKN
  6. Dina Febrianti, S.Si, M.Si, Kepala Seksi Pemanfaatan Teknologi Informasi

Dalam bahasannya BKN menyampaikan terdapat 197.117 formasi yang sudah ditetapkan Kementerian PANRB untuk CPNS tahun 2019 ini, dengan rincian 37.654 formasi untuk instansi pusat dan 159.257 instansi daerah. Selanjutnya juga dijelaskan bahwa pelaksanaan seleksi tahun ini juga terbagi menjadi formasi umum dan formasi khusus (disabilitas, lulusan terbaik dan diaspora).

Pengarahan selajutnya yang tidak kalah penting adalah masalah insfrastuktur portal SSCASN yang akan digunakan pada proses ujian seleksi ini, BKN menyatakan secara umum sudah mempersiapkan semuanya secara matang. Bedasarkan pengalaman pada seleksi tahun lalu agar pelaksanaan tahun ini bisa berjalan lebih baik lagi, maka BKN meningkatkan kerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait.

Dalam pelaksanaannya BKN juga menekankan bahwa prinsip pengadaan CPNS harus kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari KKN dan tidak dipungut biaya maka untuk itu BKPSDM/BKPP/BKD harus memahami bahwa pelaksanaan seleksi CPNS ini merupakan bagian dari pelayanan publik.

Selanjutnya pada sesi tanya jawab salah seorang pejabat dari Kabupaten Agam bernama Devizon menanyakan apakah sudah ada permenpan yang akan dijadikan dasar penerbitan pengumuman rekruitmen CPNS 2019 bagi instansi daerah maupun pusat. BKN menjawab bahwa permenpannya sedang disusun dan dalam waktu dekat akan disampaikan kepada seluruh Instansi/Kementerian/Lembaga Negara. Pertanyaan lain juga meminta kejelasan apakah pengumuman CPNS harus dilaksanakan mulai tanggal 25 Oktober 2019, karena melihat persiapan masih banyak yang harus dilaksanakan tentu akan beresiko jika tidak disusun dengan matang. Menjawab pertanyaa ini BKN menyatakan tanggal 25 Oktober masih merupakan target, lebih lanjutnya pemerintah pusat pasti mempertimbangkan persiapan daerah, jika tidak memungkinkan pasti jadwal akan menyesuaikan.

Rakor akhirnya ditutup pukul 15.00 WIB oleh Kepala Kantor Regional XII BKN, Bapak Drs. Margi Prayitno, MAP dan dilanjutkan dengan foto bersama pejabat BKD/BKPP/BKPSDM se-wilayah BKN Kanreg XII Pekanbaru. (PA)

Back To Top