skip to Main Content
Hari Ke-3 Proses Verifikasi Berkas Administrasi CPNS 2019, Masih Ada Berkas Yang TMS

Hari Ke-3 Proses Verifikasi Berkas Administrasi CPNS 2019, Masih Ada Berkas Yang TMS

Berdasarkan pantauan koordinator tim verifikasi seleksi administrasi CPNS di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang tahun 2019, diketahui masih ada beberapa pelamar yang termasuk kriteria Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Hal ini diketahui berdasarkan laporan statistik yang dikeluarkan melalui sistem SSCN setiap harinya. Sejauh ini sudah lebih 120 berkas yang telah diverifikasi oleh tim, dan persentase berkas MS (Memenuhi Syarat) adalah 65% dan yang TMS 35%.

Menurut tim verifikasi, banyaknya pelamar yang TMS disebabkan karena kurang telitinya peserta dalam memahami informasi yang dipersyaratkan pada pengumuman penerimaan CPNS yang sudah diedarkan beberapa hari yang lalu. Sehingga ditemui beberapa pelamar yang tidak memenuhi ketentuan persyaratan, bahkan ada juga yang tidak menyerahkan kelengkapan sesuai jumlah poin yang disebutkan di pengumuman. Mendapat laporan ini, Kepala BKPSDM sangat menyayangkan atas kelalaian yang dilakukan pelamar, karena kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS hanya ada di waktu-waktu tertentu, lalu itu pun hanya bisa memilih satu diantara banyak instansi. Tidak lagi seperti penerimaan tahun-tahun sebelumnya yang pelaksanaan rekruitmennya berbeda jadwal antara instansi daerah dengan kementerian dan lembaga negara sehingga dalam satu tahun pelaksanaan bisa mengikuti beberapa kali seleksi CPNS.

Melihat realita ini, kepala BKPSDM menghimbau kepada setiap pelamar yang masih dalam tahap proses pendaftaran (belum mengajukan submit) di web portal SSCN agar memeriksa betul setiap poin yang diminta pada persyaratan di pengumuman. Jangan cepat yakin dengan apa yang diisikan/dilengkapi, pastikan selalu meng-crosscheck apakah yang dilengkapi sudah sesuai dengan persyaratan atau belum, karena jika pelamar gagal sebelum berkompetensi tentu akan menjadi penyesalan yang cukup mengecewakan. Berkenaan dengan berkas yang sudah TMS, itu sudah tidak dapat kita apa-apakan lagi, karena proses verifikasi sudah berjalan dan web portal SSCN sendiri tidak menyediakan fasilitas untuk melengkapi kesalahan/kekurangan berkas pelamar.

Pelamar tidak perlu sampai datang ke BKPSDM dengan membawa berkas konvensional jika memang kemudian mengetahui berkasnya ada yang kurang, karena memang proses verifikasinya sudah daring (online) sehingga berkas konvensional tidak lagi bermanfaat dalam proses seleksi administrasi. Begitupun pelamar yang mendapatkan informasi banyaknya yang TMS melalui berita ini, jangan dulu mendatangi BKPSDM, karena rincian kelulusan administrasi tidak akan diberikan pada saat proses verifikasi masih berlangsung, jadwalnya sudah ada di Desember nanti. Berkas yang TMS sudah tidak dapat lagi diperbaiki ataupun dilengkapi belakangan, SSCN sudah cukup mengingatkan pelamar untuk teliti pada setiap fase pendaftaran, sebelum melakukan submit berkas dan data online.

Back To Top